Aturan Baru Halalbihalal Lebaran 2022 di Wilayah PPKM Level 1 sampai 3, Jumlah Tamu Dibatasi

- 1 Mei 2022, 16:30 WIB
Ada aturan baru halal bihalal Lebaran 2022 di wilayah PPKM level 1 sampai 3, yakni pembatasan jumlah tamu.
Ada aturan baru halal bihalal Lebaran 2022 di wilayah PPKM level 1 sampai 3, yakni pembatasan jumlah tamu. /Foto oleh mentatdgt dari Pexels/

RINGTIMES SITUBONDO - Meskipun Lebaran 2022 kali ini pemerintah memberi kelonggaran untuk masyarakat agar bisa mudik ke kampung halaman.

Namun, ada aturan baru halalbihalal Lebaran 2022 mengenai pembatasan jumlah tamu yang disesuaikan dengan level PPKM.

Sebagaimana yang tertulis dalam Surat Edaran (SE) yang diterbitkan oleh Menteri dalam negeri (Mendagi) terkait kebijakan halalbihalal Idul Fitri 2022.

Baca Juga: 4 Lokasi Wisata di Jalur Mudik Lebaran 2022, Mulai dari Pantai sampai Kampung Batik

Hal ini untuk mencegah penyebaran kasus Covid 19 ketika berkumpul dengan keluarga, kerabat, atau teman.

Dikutip Ringtimes Situbondo dari Pikiran Rakyat berjudul Aturan Baru Halal Bihalal Idul Fitri 1443 H, Jumlah Tamu Dibatasi Sesuai Level PPKM

Adapun keterangan tersebut tercantum dalam Surat Edaran Nomor 003/2219/SJ Tentang Pelaksanaan Halalbihalal Idul Fitri 1443 H/2022 yang ditandatangani Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian pada 22 April 2022.

Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Administrasi Kewilayahan (Adwil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Safrizal ZA menjelaskan aturan halalbihalal juga harus disesuaikan dengan level Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di masing-masing daerah.

“Untuk itu SE ini secara spesifik diterbitkan dalam rangka memberikan atensi terhadap kegiatan yang berpotensi menimbulkan kerumunan, yang tentunya sejalan dengan pengaturan dalam Inmendagri PPKM," katanya sebagaimana dikutip Pikiran-Rakyat.com dari laman Kementerian Dalam Negeri.

Berikut aturan selama halalbihalal Idul Fitri 2022 dalam Surat Edaran Mendagri:

Halaman:

Editor: Siti Lailatil Mukarromah

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Terkait

Terkini