Masyarakat Diminta Waspada dan Jaga Cairan Tubuh, BMKG Ungkap Penyebab Cuaca Panas

- 11 Mei 2022, 14:30 WIB
BMKG ungkap penyebab cuaca panas yang terjadi beberapa bulan ini, masyarakat diminta waspada dan selalu menjaga cairan tubuh
BMKG ungkap penyebab cuaca panas yang terjadi beberapa bulan ini, masyarakat diminta waspada dan selalu menjaga cairan tubuh /pexels.com/pixabay/

RINGTIMES SITUBONDO – BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika) berikan imbauan kepada masyarakat untuk waspada terhadap suhu panas yang terjadi pada pertengahan bulan Mei 2022.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto mengimbau kepada masyarakat agar selalu menjaga cairan tubuh saat melakukan aktivitas diluar ruangan.

Dilansir RINGTIMES SITUBONDO dari Pikiran-Rakyat.com berjudul "Penyebab Suhu Panas Saat Siang Diungkap BMKG, Masyarakat Diminta Waspada"

“Masyarakat diimbau untuk senantiasa menjaga kondisi stamina dan kecukupan cairan tubuh, terutama bagi warga yang beraktifitas di luar ruangan pada siang hari,” ujar Guswanto dikutip dari Antara pada 9 Mei 2022.

Kata Guswanto Adanya pemicu sehingga menyebabkan fenomena panas terik yang beberapa hari terakhir ini dirasakan oleh penduduk Indonesia.

Pertama, posisi semu matahari saat ini sudah berada di wilayah utara ekuator sehingga mengindikasikan sebagian wilayah Indonesia akan memasuki musim kemarau.

Tingkat pertumbuhan awan dan fenomena hujan akan menjadi berkurang dan cuaca cerah pada pagi hingga siang hari akan mendominasi.

Dominasi cuaca yang cerah dan tingkat awan yang rendah akan mengoptimalkan paparan sinar matahari ke permukaan Bumi.

Kondisi itu menyebabkan suhu panas dirasakan masyarakat pada siang hari.

Guswanto menuturkan, suhu panas yang terjadi tidak disebabkan fenomena gelombang panas.

Halaman:

Editor: Suci Arin Annisa

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah