Waspada Varian Omicron BA.4 dan BA.5 tanpa Harus Panik, Kapuskes TNI ungkap RSDC Wisma Atlet Siap

- 15 Juni 2022, 17:12 WIB
Ilustrasi Omicron BA.4 dan BA.5 yang harus diwaspadai tanpa harus panik.
Ilustrasi Omicron BA.4 dan BA.5 yang harus diwaspadai tanpa harus panik. /Pixabay/ Geralt/

RINGTIMES SITUBONDO - Baru-baru ini kasus munculnya varian Omicron BA.4 dan BA.5 di Bali yang dilaporkan oleh Kementerian Kesehatan Indonesia (Kemenkes) tengah menjadi perbicangan hangat publik.

Meski demikian, Kepala Pusat Kesehatan TNI (Kapuskes TNI) Mayjen TNI dr. Budiman mengatakan masyarakat tidak perlu takut dengan adanya varian terbaru Covid 19 namun tetap harus waspada.

Menurutnya, Omicron subvarian BA.4 dan BA.5 tidak berbahahaya dan tidak menimbulkan gejala berat.

Baca Juga: Kasus Subvarian Omicron BA.4 dan BA.5 Ditemukan di Bali, Kemenkes Imbau Masyarakat Tetap Terapkan Prokes

Selain itu, dr. Budiman juga menuturkan sarana dan prasarana yang dibutuhkan untuk penanganan Covid 19 subvarian Omicron ini telah siap.

Dikutip Ringtimes Situbondo dari Pikiran Rakyat berjudul Masyarakat Tak Perlu Panik, tetap Waspadai Omicron BA.4 dan BA.5 

Ketua Umum Perhimpunan Alergi Imunologi Indonesia Iris Rengganis mengatakan vaksinasi memenuhi suatu kekebalan, terutama dalam menghadapi varian baru Covid 19 termasuk subvarian Omicron BA.4 dan BA.5.

Vaksinasi harus tetap dijalankan sampai tahap penguat, atau booster, meski adanya mutasi virus yang tentunya akan mengurangi efektivitas vaksin.

Namun dengan vaksin ini tetap dapat mengurangi angka kesakitan, perawatan di rumah sakit dan juga akan menurunkan angka kematian.

Baca Juga: 5 Gejala Awal Covid 19 Varian Omicron, Batuk dan Kelelahan Parah Termasuk Diantaranya

Halaman:

Editor: Siti Lailatil Mukarromah

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Terkait

Terkini