Rizal Ramli Sebut Luhut Mainkan Kudeta Politik Secara Rapi

- 1 Mei 2022, 08:00 WIB
Rizal Ramli menyebut, semenjak bertransisi dari Orde Lama, cara kudeta terhadap pemerintahan berubah menjadi kudeta konstitusi
Rizal Ramli menyebut, semenjak bertransisi dari Orde Lama, cara kudeta terhadap pemerintahan berubah menjadi kudeta konstitusi /Pixabay/RickJbrown/

RINGTIMES SITUBONDO – Ekonom senior sekaligus pengamat politik Indonesia, Rizal Ramli, memberikan kritik kepada sosok kontoversi Luhut Binsar Pandjaitan yang menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Indonesia (Menko Marves).

Rizal Ramli menyebut, semenjak bertransisi dari Orde Lama, cara kudeta terhadap pemerintahan berubah menjadi kudeta konstitusi.

Rizal Ramli mengatakan, modus yang digunakan Luhut Pandjaitan dalam oprasi politik adalah memanfaatkan mereka yang bermasalah untuk digerakkan seperti 'kerbau'.

Baca Juga: 3 Makanan yang Tidak Memicu Asam Lambung Mudah Naik dan Kambuh Tiba-tiba

Rizal Ramli mengaku kecewa dengan Menko Marvest, karena dianggap sebagai sosok yang sungguh cerdik.

Dilansir RINGTIMES SITUBONDO dari Pikiran-Rakyat.com berjudul "Rizal Ramli Sebut Luhut Pandjaitan Punya Cita-Cita Jadi Harmoko Jilid 2"

"(Tapi) kok cita-citanya, rendah banget hanya mau jadi Harmoko jilid ke-2," ujar Rizal Ramli sebagaimana dikutip Pikiran-Rakyat.com dari kanal YouTube Total Politik pada Sabtu, 30 April 2022.

Rizal Ramli menyebut ada kesamaan sikap Harmoko dan Luhut Pandjaitan yang ke menginginkan agar Jokowi tetap maju 3 periode.

"Ibu Tien (Soeharto) waktu itu sudah bilang, 'Mas jangan maju lagi, ngurusin cucu aja sama anak-anak' dan Pak Harto setuju. Apalagi Presiden Clinton yang mengirim Wakil Presidennya ke Jakarta untuk bertemu Pak Harto agar tidak maju lagi di tahun 98, dan Indonesia bisa transisi ke (masa) demokratis," ujar Rizal Ramli.

Baca Juga: 3 Makanan yang Tidak Memicu Asam Lambung Mudah Naik dan Kambuh Tiba-tiba

Halaman:

Editor: Suci Arin Annisa

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x