Penularan Wabah PMK di Lumajang Menyebar Sangat Cepat, 124 Sapi Terindikasi Sakit

- 10 Mei 2022, 18:00 WIB
Ilustrasi sapi. Sebanyak 124 ekor sapi terindikasi wabah Penyakit Mulut dan Kuku yang ditemukan di sejumlah daerah Lumajang, Jawa Timur.
Ilustrasi sapi. Sebanyak 124 ekor sapi terindikasi wabah Penyakit Mulut dan Kuku yang ditemukan di sejumlah daerah Lumajang, Jawa Timur. /Pexels/Ave Calvar Martinez//

RINGTIMES SITUBONDO - Kasus wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) ditemukan di sejumlah kecamatan di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Kemunculan wabah PMK ini menyebar sangat cepat di empat kecamatan Kabupaten Lumajang.

Berdasarkan laporan, hal ini diketahui setelah petugas Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian kecamatan Lumajang, melakukan pemeriksaan terhadap ratusan ternak di wilayah tersebut.

Baca Juga: Waspada Thalasemia Bisa Sebabkan Kerusakan Hati, Berkaitan dengan Hepatitis Akut?

Dari hasil pemeriksaan dari Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) sebanyak 124 ekor sapi yang tersebar di empat kecamatan Lumajang terindikasi sakit dan diduga karena wabah PMK.

Dikutip Ringtimes Situbondo dari Pikiran Rakyat berjudul Wabah PMK Merebak di Lumajang, Penularannya Sangat Cepat

 

Adapun kecamatan tersebut, yaitu Kecamatan Pasirian, Kunir, Senduro, dan Klakah. 

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Lumajang, Hairil Diani mengatakan bahwa penularan PMK di wilayah tersebut terbilang sangat cepat. 

"Dari 231 ternak yang diperiksa, ada 124 ekor sapi yang terindikasi sakit, karena proses penularannya sangat cepat," katanya.

Halaman:

Editor: Siti Lailatil Mukarromah

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Terkait

Terkini

x