Rusia Tuding Amerika Serikat Jadikan Ukraina Pengganti Afghanistan, Akankah Bernasib Sama?

- 2 April 2022, 17:36 WIB
Ilustrasi dampak perang di Ukraina. Menlu Rusia, Sergey Lavrov menyebut Amerika Serikat jadikan Ukraina pengganti Afghanistan.
Ilustrasi dampak perang di Ukraina. Menlu Rusia, Sergey Lavrov menyebut Amerika Serikat jadikan Ukraina pengganti Afghanistan. /Pexels/Алесь Усцінаў//

RINGTIMES SITUBONDO - Menjelang pertemuan dengan sejumlah negara, Sergey Lavrov, Menteri Luar Negeri (Menlu) Rusia tuding Amerika Serikat jadikan Ukraina pengganti Afghanistan sebagai pusat politik dunia.

Seperti yang kita ketahui, sebelum Afghanistan jatuh ke tangan Taliban, negara tersebut menjadi pusat perang yang juga melibatkan sejumlah ‘pemain’ Internasional, termasuk negara Barat dan Amerika Serikat.

Hingga setelah dua dekade perang berlangsung, Barat dan AS menarik pasukannya keluar dari Afghanistan dan menjadi kemenangan bagi Taliban.

Baca Juga: Inggris Diprediksi Alami Krisis Pasokan Gas Dampak ‘Perang Total’ ke Rusia, Kremlin: Inilah Efek Sampingnya

Kini konflik yang hampir sama juga terjadi di Ukraina, dimana Amerika Serikat dan Barat kembali terlibat dengan memberlakukan banyak sanksi kepada Rusia atas tindakannya.

Dikutip Ringtimes Situbondo dari Pikiran-Rakyat.com berjudul Amerika Serikat Terseret, Rusia Sebut Ukraina Bakal Bernasib Sama Seperti Afghanistan

Menteri Luar Negeri (Menlu) Rusia, Sergey Lavrov membeberkan, Barat berusaha menjadikan Ukraina sebagai 'Afghanistan kedua' dan mungkin akan bernasib sama dengan negara yang kini diduduki oleh Taliban.

Pernyataan tersebut dilontarkannya saat bertemu dengan Menlu Pakistan, Makhdoom Shah Mahmood Qureshi di China pada Rabu, 30 Maret 2022.

"Mereka (AS) mencoba menjadikan Afghanistan sebagai pusat politik dunia sekarang mencoba menggantikan Afghanistan dengan Ukraina," katanya dikutip dari RT.com.

Baca Juga: Menlu Rusia Tuding Barat Ingin Jadikan Ukraina Seperti Afghanistan Kedua

Halaman:

Editor: Suci Arin Annisa

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x