Kapolres Situbondo Bersama Forkopimda Situbondo Lakukan Upaya Mitigasi Penyebaran PMK

- 1 Juli 2022, 17:00 WIB
Pada  Kamis 30 Juni 2022 Forkopimda Situbondo melakukan langkah strategis penyemprotan disinfektan secara serentak di kandang sapi.
Pada Kamis 30 Juni 2022 Forkopimda Situbondo melakukan langkah strategis penyemprotan disinfektan secara serentak di kandang sapi. /

RINGTIMES SITUBONDO - Forkopimda Situbondo melakukan langkah strategis penyemprotan disinfektan secara serentak di kandang sapi dan kambing milik peternak diseluruh wilayah Kab. Situbondo guna memutus mata rantai penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

Kegiatan tersebut ditandai dengan penyemprotan disinfektan oleh Forkopimda Situbondo yang dilaksanakan secara virtual dari areal kandang ternak sapi milik Kades Widoropatung kecamatan Besuki dilanjutkan Sosialisasi pengendalian dan penanganan penyakit kuku dan mulut (PMK) diikuti para peternak di 136 desa 17 kecamatan se-Kab. Situbondo pada Kamis 30 Juni 2022.

Hadir dalam acara tersebut diantaranya, Wakil Bupati Kab. Situbondo Hj Khoirani, S.Pd, M.M., Kapolres Situbondo AKBP Dr. Andi Sinjaya, S.H., S.I.K., Dandim 0823 Situbondo di wakili Lettu Kav Suyitno, Plt Kadis peternakan dan perikan Kholil, S.Pmp, Ka laksa BPBD Drs. Sainul Arifin, M.Si., Kepala Dinas Kominfo Dadang Aries Bintoro, S.Sos, M.Si, Kasat Intelkam, Kabid pencegahan dan kesiapsiagaan BPBD, Forkopimka Besuki, Ka PKM Widoropayung Muhammad Maqfur, S.Kep, Ners, Kades Widoropayu Suwalis, Kelompok tani dan peternak Desa Widoropayung serta diikuti virtual oleh peternak di 17 kecamatan 136 desa se-kab. Situbondo.

Baca Juga: Kapolres Situbondo Wujudkan Mimpi Warga Pesisir Besuki Miliki Rumah Layak Huni

Kapolres Situbondo AKBP Dr. Andi Sinjaya, S.H., S.I.K. menyampaikan bahwa upaya mitigasi dalam penanganan wabah PMK yang mewabah di Situbondo sama dengan penangann pandemi Covid-19 ya itu dengan cara pembatasan perpindahan hewan ternak yang ada di wilayah Situbondo untuk mencegah penularan PMK.

Saat ini Pemerintah telah berusaha dalam penanganan PMK dengan cara Vaksinasi kepada hewan ternak yang masih sehat sedangkan apabila hewan yang sudah terjangkit PMK agar di rawat dan di isolasi dengan tujuan tidak menjalar pada hewan yang sehat.

“ Kami berharap dalam penanganan PMK ini semua bersinergi terkait data hewan yang terjangkit yang ada di masing masing wilayah dan instansi terkait harus mengetahui tentang data tersebut dan disetiap wilayah ada Koramil dan Polsek bisa dikoordinasikan dengan baik karena dalam waktu dekat akan di laksanakan Hari Raya Idul Adha yang tentunya akan banyak di laksanakan kurban “ ucap AKBP Dr. Andi Sinjaya, S.H., S.I.K.

Baca Juga: Kapolres Situbondo Beri Bantuan Sembako dan Ajak Masyarakat Nelayan Jaga Kelestarian Ekosistem Laut

Sementara itu, Wakil Bupati Kab. Situbondo Hj Khoirani, S.Pd, M.M. menuturkan bahwa apa yang telah disampaikan oleh oleh Kapolres Situbondo sudah sangat jelas. Dengan demikian melalui kegiatan ini Forkopimda mengharapkan semua pihak, instansi terkait dan para peternak bersinergi untuk mengatasi wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

Halaman:

Editor: Riski Endah Setyawati

Sumber: Humas Polres Situbondo


Tags

Terkait

Terkini

x