BI Jember Siapkan Uang Tunai Rp4,98 Triliun untuk Kebutuhan Masyarakat Jelang Lebaran

- 7 April 2022, 02:00 WIB
BI Jember Siapkan Uang Tunai Rp4,98 Triliun untuk Kebutuhan Masyarakat Jelang Lebaran.
BI Jember Siapkan Uang Tunai Rp4,98 Triliun untuk Kebutuhan Masyarakat Jelang Lebaran. /Pexels/Ahsanjaya/

RINGTIMES SITUBONDO – Bank Indonesia wilayah Jember menyiapkan uang tunai Rp4,98 Trilun untuk memenuhi kebutuhan perbankan dan masyarakat menjelang Hari Raya Lebaran 1433 Hijriah.

Dilansir dari portaljember.com, uang tunai Rp4,98 Triliun tersebut disiapkan Bank Indonesia untuk memenuhi kebutuhan di wilayah Kabupaten Jember, Situbondo, Bondowoso, Lumajang dan Banyuwangi.

Pasokan uang tunai di tahun ini meningkat sebesar 61,16 persen (yoy) dibandingkan periode Ramadhan tahun lalu sebesar Rp3,09 Triliun.

Baca Juga: Lepas Syiar Ramadhan, Kapolres Situbondo AKBP Andi Sinjaya Pantau Gebyar Vaksinasi Di Masjid

"Komposisinya Rp4,56 triliun uang pecahan besar dan 420 miliar uang pecahan kecil," ujar Kepala Perwakilan BI Jember, Yukon Afrinaldo dalam keterangan pers pada Selasa, 5 April 2022.

Jumlah tersebut ternyata termasuk Rp2,5 Triliun yang siap edar dan kini dititipkan di Khasanah BI Jember.

Persiapan kebutuhan uang tunai ini menurutnya, bagian dari asumnsi makro ekonomi dan melihat geliat pertumbuhan ekonomi di Sekarkijang, pasca kondisi pandemi Covid-19 mulai melandai.

Baca Juga: 3 Tips Manajemen Keuangan untuk Bisnis Kecil Paling Dasar, Pisahkan Rekening Bank Pribadi

BI Jember memproyeksikan di bulan Ramadhan tahun ini akan ada penurunanan sekitar Rp1,14 Triliun atau sekitar 47,84 persen dari data tahun sebelumnya sebesar 2,18 Triliun rupiah.

"Hal ini disebabkan karena optimalnya Transaksi Uang Kartal Antar Bank (TUKAB) atau mekanisme pemenuhan uang tunai suatu bank dengan mendahulukan sumber pemenuhan dari bank lain sebelum melakukan penarikan di Bank Indonesia," imbuhnya.

Halaman:

Editor: Dian Effendi

Sumber: Portal Jember


Tags

Terkait

Terkini

x